Jumat, 20 Maret 2009

SELAMAT DATANG PESERTA "CITY SUMMIT SANITASI" DI KOTA "SPIRIT OF JAVA" SURAKARTA

City Summit V SURAKARTA 27-30 April 2009

Program Pengembangan Sanitasi Indonesia (Indonesia Sanitation Sector Development Program/ISSDP) akan menyelenggarakan Lokakarya Sanitasi Kota ISSDP (City Summit) V di Kota Surakarta, Jawa Tengah 27-30 April 2009 Kegiatan ini dimaksudkan sebagai ajang evaluasi dan memperkaya khasanah serta kesinambungan pembangunan sanitasi di Indonesia. Menurut Kasubid Prasarana Kota Bappeda Kota Surakarta Bp. Nunung Setyo Nugroho, ST, MT, MA City Summit kali ini akan dihadiri oleh 150 peserta.

Lokakarya ini selain diikuti oleh perwakilan enam kota yang telah lama mengikuti ISSDP yakni Surakarta, Blitar, Banjarmasin, Denpasar, Jambi, dan Payakumbuh, juga akan dihadiri oleh utusan kota-kota dan provinsi yang baru saja mengikuti program ini. Setiap pemerintah kota akan mempresentasikan pengalaman masing-masing di depan peserta dari Bappenas, Depdagri, Dep PU, Pemkot dan Pemkab se-Jawa Tengah. Selain memaparkan pengalaman tiap kota, lokakarya akan membahas kebijakan dan isu-isu sanitasi secara nasional.

Lokakarya Sanitasi Kota ISSDP IV ini merupakan lanjutan dari lokakarya serupa yang berlangsung di Denpasar (Nopember 2007), Blitar (Maret 2007) dan Banjarmasin (November 2006)dan Payakumbuh (November 2008). Pada lokakarya II, enam walikota mengeluarkan Deklarasi Blitar yang berisi komitmen untuk memberikan prioritas terhadap pembangunan dan pengembangan sanitasi di wilayahnya. Sedangkan lokakarya I menghasilkan rencana tindak untuk penyusunan Buku Putih Sanitasi. Lokakarya III menghasilkan rencana aksi/implementasi dari strategi sanitasi kota yang telah disusun.

Salah satu tema yang akan dibahas dalam lokakarya ini adalah mencari peluang pendanaan. Di dalamnya akan dibahas tentang Pengertian dan kriteria “fundable project”, sumber pendanaan CSR, penyusunan rencana investasi, prosedur pengajuan bantuan program. Para peserta juga akan bertukar pengalaman tentang status kemajuan implementasi SSK dan permasalahannya serta pengalaman integrasi SSK dalam RPJMD di enam kota ISSDP lama. Tak ketinggalan, lokakarya juga akan membahas pemantapan rencana kota ISSDP II dengan provinsi.

Antusiasme Pemkot Surakarta
Pemkot Surakarta sangat antusias menyambut acara ini. Direncanakan acara dibuka di LOJI GANDRUNG Rumah Dinas walikota Surakarta, selanjutnya peserta akan diajak ke Gladag Langen Bogan (GALABO) pusat wisata kuliner malam Solo untuk santap Malam bersama Walikota. Yang menarik ketika menuju Galabo yang berjarak 1,5 km dari Loji gandrung, peserta diangkut oleh Kereta Api Wisata. Rel KA Wisata tersebut membelah tepat di sisin jalan Protokol Solo Jl. Slamet Riyadi. Dia akhir akhir acara peserta akan diajak oleh panitia mengikuti CITY TOUR (optional) dengan mengunjungi ASTANA GIRI BANGUN yakni makam Alm. Presiden RI ke-2 Jendral Besar H. M. SOEHARTO & Alm. Ibu TIEN SOEHARTO di daerah Tawangmangu sekitar 35km dari Solo yang berhawa sejuk. Selanjutnya ke Kampung Batik dan Kraton Surakarta. Tak Lupa untuk belanja oleh-oleh khas Solo.

(Sumber : Sanitasi.or.id & Bappeda Kota Surakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar